ic_Close2

Aplikasi Clubhouse Di Indonesia, Amankah?

(Foto : Kompas Tekno/Google)


Aplikasi Clubhouse belakangan ini booming di kalangan pengguna iOS. Aplikasi ini mulai booming dari Amerika hingga menyebar ke China, Brazil dan Turki. Lalu, bagaimana tanggapan Pemerintah Indonesia terkait aplikasi Clubhouse? Apakah benar-benar aman?


Clubhouse adalah aplikasi yang memungkinkan orang mengobrol secara real time, berbagi cerita, berkolaborasi, dan saling bertukar ide menggunakan suara. Clubhouse baru tersedia di iOS.


Kurang dari setahun aplikasi ini telah booming di masyarakat. Sejumlah tokoh terkenal dan super tajir telah terdaftar di dalam aplikasi ini Bos perusahaan teknologi raksasa Elon Musk dan pendiri Facebook Mark Zuckerberg; penyanyi rap Drake dan Kanye West; serta bintang media Oprah Winfrey.


Namun Pemerintah Indonesia menyatakan aplikasi obrolan radio (radio chat) Clubhouse belum terdaftar di Kementerian Kominfo sebagai penyelenggara sistem elektronik (PSE).


Juru bicara Kominfo, Dedy Permadi, mengatakan aplikasi yang tidak terdaftar akan mendapatkan pemutusan akses berupa tindakan pemblokiran akses, penutupan akun dan atau penghapusan konten.


"Sesuai Peraturan Menteri Kominfo No 5/2020, PSE yang tidak mendaftar sesuai kebijakan yang berlaku, akan mendapat sanksi administrasi berupa pemutusan akses," kata Dedy dalam keterangan persnya, Kamis (18/02).


Dedy merujuk pada Peraturan Menteri Kominfo No 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat. Melalui payung hukum ini kewajiban mendaftar berlaku bagi setiap PSE yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan layanan komunikasi meliputi namun tidak terbatas pada pesan singkat, panggilan suara, panggilan video, surat elektronik, dan percakapan dalam jaringan dalam bentuk platform digital, layanan jejaring dan media sosial.


"Sesuai dengan PM 5/2020, setiap PSE wajib melakukan pendaftaran ke pemerintah," kata Dedy.


Kewajiban melakukan pendaftaran bagi PSE Lingkup Privat dilakukan sebelum sistem elektronik mulai digunakan oleh pengguna. "Masa pendaftaran adalah 6 bulan sejak PM diundangkan pada tanggal 24 November 2020. Ketentuan ini berlaku untuk semua PSE, tidak hanya Clubhouse," kata Dedy.


Menurut Dedy Permadi, tujuan pendaftaran itu dimaksudkan untuk menjaga ruang digital Indonesia lebih sehat dan melindungi warganet sebagai pengguna aplikasi. "Proses pendaftaran ini adalah proses biasa dan wajar, seperti halnya pendaftaran usaha. Pendaftaran ini ditujukan untuk kepentingan warganet dan ruang digital Indonesia yang lebih sehat, seperti terkait dengan pelindungan data pribadi dan keamanan siber," katanya.


Jubir Kementerian Kominfo menegaskan masyarakat dapat memberikan pengaduan/informasi terhadap PSE lingkup privat yang tidak melakukan kewajiban pendaftaran. "Warganet tidak perlu khawatir karena proses pendaftaran PSE-PSE telah, sedang, dan akan berjalan sampai batas waktu nanti," ungkapnya.


Sumber : 


CNN Indonesia/22-02-2021/Cara Menggunakan Clubhouse Hingga Dapat Undangan


BBC News/19-02-2021/Clubhouse terancam diblokir di Indonesia, hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang aplikasi yang sedang trend ini 

Admin

ic_Kalender

1 tahun yang lalu




Berita Terkait

Magau Group


Tentang Kami CSR Karir Berita Hubungi Kami

kontak informasi


+62 811 357 1900

info@magaugroup.co.id HRmagaugroup@gmail.com

+628113571900

alamat kantor


Gedung Megah Group Jl. Adyaksa No. 49, Pandang , Panakukang, Makassar - Sulsel 90231

Jl. Sehati No. 7, Karuwisi, Kec. Panakukang, Makassar - Sulsel 90231

Ikuti Kami


Magau Group

Magau Group

Magau Group