ic_Close2

Mau Closing? Pelajari Teknik Ini!

(Foto : Nurul/ Magau Group)


Kerja menjadi sales bukan perkara mudah. Tidak jarang banyak yang merasa stress plus tertekan luar biasa, sebab kerja para sales menjadi penentu dalam omzet suatu perusahaan atau suatu usaha. Bagaimana mereka mennawarkan produk hingga terjadi penjualan adalah tugas utama mereka selain menjadi pelayan para pelanggan.


Dalam buku Panduan Membuat Kurikulum Reseller karya Latif Setiawan ada diajarkan terkait teknik closing selama 7 hari. Berikut pemaparan teknik closing yang wajib dikuasai dalam memfollow up:


>> Leads yang masuk

>> Pelanggan yang belum transfer

>> Pelanggan yang sudah transfer

>> Bagaimana membangun hubungan jangka panjang


Hari 1

Jawab Semua Pertanyaan


-> Upayakan sebelum memberikan informasi apapun, kita jawab dulu semua pertanyaan yang disampaikan oleh pelanggan. Fokuslah akan kebutuhan yang dibutuhkan pelanggan terlebih dahulu.


Hari 2

Berikan Tawaran Pilihan


-> Adakalanya khusus untuk :

1. Pelanggan baru

2. Produk yang baru dilaunching


Ketika pelanggan masih bingung dalam menentukan pilihan, maka langkah selanjutnya kita bisa membantu pelanggan dalam menentukan pilihan.


Hari 3

Memberi Totalan


-> Setelah pertanyaan pelanggan terjawab, serta kebingungan pelanggan teratasi, maka biasanya pelanggan akan menanyakan, untuk cara pemesanan, serta totalan dari produk yang pelanggan inginkan.


Hari 4

Closing


-> Setelah memberi totalan, dan pelanggan mengisikan format pemesanannya, maka silakan Anda memberikan totalan harga, beserta untuk ongkir yang harus dibayarkan oleh pelanggan.


Hari 5

Follow Up Pelanggan


-> Ketika kita menerima chat (leads) yang masuk, dan kita sudah menjawabnya dengan informasi yang mereka tanyakan dan butuhkan, namun adakalanya pelanggan tidak merespons, atau tidak kunjung melakukan transfer (closing). Oleh karena itu, kita bisa memfollowupnya agar pelanggan segera melakukan pembelian/ transfer/ closing. Untuk jenis follow up sendiri ada beberapa cara, sebagai berikut :


1. Follow Up Edukasi (teknik follow up paling soft selling)

2. Follow Up Scarcity Jumlah (menginformasikan jumlah produk kita terkini)

3. Follow Up Scarity Waktu (menginfokan promo dengan batasan waktu)


Hari 6

Konfirmasi Pengiriman


-> Untuk menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan, khususnya pelanggan yang sudah melakukan pembelian (closing). Maka sebisa mungkin kita mengkonfirmasi untuk produk yang sudah kita kirim apakah sudah diterima atau belum.


Hari 7

Sistemasi Teknik Closing


-> Membuat tabel daily activity


Sumber :

Buku Panduan Membuat Kurikulum Reseller karya Latif Setiawan

Admin

ic_Kalender

1 tahun yang lalu




Berita Terkait

Magau Group


Tentang Kami CSR Karir Berita Hubungi Kami

kontak informasi


+62 811 357 1900

info@magaugroup.co.id HRmagaugroup@gmail.com

+628113571900

alamat kantor


Gedung Megah Group Jl. Adyaksa No. 49, Pandang , Panakukang, Makassar - Sulsel 90231

Jl. Sehati No. 7, Karuwisi, Kec. Panakukang, Makassar - Sulsel 90231

Ikuti Kami


Magau Group

Magau Group

Magau Group